Sejarah di balik merek Mercedes-Benz dan tiga bintangnya
Gottlieb Daimler dan Carl Benz
Penemuan
di tahun 1880-an mesin kecepatan tinggi dan mobil diaktifkan Gottlieb
Daimler dan Carl Benz - bebas satu sama lain - untuk meletakkan dasar
untuk motorisasi transportasi jalan. Dengan bantuan pendukung keuangan dan mitra, mereka berdua
berinvestasi perkembangan pribadi mereka di perusahaan mereka sendiri -
di Mannheim, Benz mendirikan perusahaan Benz & Cie pada bulan
Oktober 1883, dan Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) dibentuk pada
November 1890..
Dalam
rangka untuk mendapatkan publisitas dan perbedaan tertentu untuk produk
mereka, kedua perusahaan berusaha merek dagang yang cocok. Untuk
mulai dengan, penemu menggunakan nama mereka sendiri - "Benz" dan
"Daimler" - yang dijamin asal dan kualitas mesin dan kendaraan. Merek
dagang dari perusahaan Mannheim berbasis Benz & Cie. Tetap tidak
berubah, kecuali bahwa pada tahun 1909, simbol roda gigi yang telah
digunakan sejak tahun 1903 diganti dengan karangan bunga laurel sekitar
nama Benz. Tapi
pergantian abad membawa nama merek yang sama sekali baru untuk produk
dari Daimler Motoren-Gesellschaft (DMG) di Cannstatt: "Mercedes". Jadi apa adalah asal nama ini?
Emil Jellinek menjadi terlibat
Mercedes - nama gadis Spanyol yang berarti 'anugerah' - adalah nama
putri lahir pada tahun 1889 untuk pengusaha Austria, Emil Jellinek, yang
memiliki rumah di Baden dekat Wina dan Nice.
Seorang
pemikir yang progresif dengan minat dalam olahraga, Jellinek berbalik
antusiasmenya untuk usia fajar mobil, penemuan ia tahu akan kunci
penting untuk masa depan. Pada awal 1897, ia membuat perjalanan ke Cannstatt untuk mengunjungi
pabrik Daimler dan memerintahkan nya Daimler mobil pertama - sebuah
kendaraan belt-driven dengan mesin dua silinder enam-hp.
Tapi
mobil, disampaikan pada bulan Oktober 1897 dan dengan kecepatan
tertinggi 24 km / jam, segera terlalu lambat untuk Jellinek. Dia menuntut 40 km / jam dan memerintahkan dua kendaraan lagi. Disediakan pada bulan September 1898, dua mobil Daimler Phoenix dengan
mesin delapan hp front-mount mereka kendaraan jalan pertama di dunia
dengan mesin empat silinder.
Emil
Jellinek memiliki hubungan baik dengan dunia keuangan internasional dan
aristokrasi dan menjadi semakin aktif sebagai pengusaha. Pada tahun 1898, ia mulai mempromosikan dan menjual mobil Daimler, khususnya, dalam eselon yang lebih tinggi dari masyarakat. Pada tahun 1899, DMG disediakan Jellinek dengan sepuluh kendaraan; pada tahun 1900, ia menerima sebanyak 29.
Jellinek menuntut yang lebih cepat dan lebih kuat dari kendaraan DMG. Dari
tahun 1899, ia masuk ini di pertemuan ras - pertama dan terutama dari
yang Minggu Bagus - di mana ia akan berlomba di bawah nya samaran
Mercedes - nama putrinya, berusia sepuluh tahun pada waktu itu, dan nama
yang terkenal di lingkaran otomotif. Pada hari-hari awal, nama disebut tim dan pembalap - tidak merek otomotif.
Pada
awal April 1900, Jellinek membuat kesepakatan dengan DMG mengenai
penjualan mobil dan mesin dan keputusan itu diambil untuk menggunakan
nama samaran Jellinek sebagai nama produk. Selain itu, disepakati bahwa mesin baru "bertuliskan nama Daimler-Mercedes" adalah untuk dikembangkan. Dua
minggu kemudian, Jellinek memesan 36 kendaraan dengan harga total
550.000 tanda - order yang cukup besar bahkan oleh standar hari ini:
pada tahun 2005, jumlah ini akan menjadi setara dengan 2,3 juta euro. Hanya beberapa minggu kemudian, ia menempatkan order baru selama 36 kendaraan, semua dengan mesin delapan hp.
Pertama Mercedes dan nama dagang baru
Kendaraan
pertama yang akan dilengkapi dengan mesin baru, mobil balap 35-hp,
disampaikan ke Jellinek oleh DMG pada tanggal 22 Desember 1900. Ini
pertama 'Mercedes', yang dikembangkan oleh Wilhelm Maybach, kepala
insinyur di DMG, menyebabkan cukup aduk pada awal abad baru. Dengan pusat rendah gravitasi, bingkai ditekan-baja, mesin performa
tinggi ringan dan sarang lebah radiator, itu menampilkan berbagai
inovasi dan dianggap hari ini sebagai mobil modern pertama.Bagus
Week Maret 1901, di mana kendaraan Mercedes yang ditemukan tidak ada
duanya di hampir setiap disiplin, menarik publisitas besar untuk
Jellinek dan Mercedes. Pada bulan Maret dan Agustus 1901, model adik 12/16-hp dan 8/11-hp muncul. Perintah Jellinek segera membentang pabrik Daimler di Cannstatt kapasitas produksi penuh.
Pada
tanggal 23 Juni 1902, 'Mercedes' diajukan sebagai nama dagang dan ini
secara hukum terdaftar pada 26 September Dari Juni 1903, Emil Jellinek
mendapat izin untuk menyebut dirinya Jellinek-Mercedes, berkomentar
bahwa "ini mungkin pertama kalinya seorang ayah telah mengambil nama putrinya. "
Asal bintang
DMG sekarang memiliki nama merek yang sukses, tapi masih tidak memiliki merek dagang yang khas. Lalu Paulus dan Adolf Daimler - eksekutif senior dua putra pendiri
perusahaan, dan sekarang di DMG - ingat bahwa ayah mereka, yang telah
meninggal Maret 1900 tak lama sebelum ulang tahunnya ke-66 nya, pernah
digunakan bintang sebagai simbol.
Gottlieb
Daimler telah direktur teknis dari Deutz pabrik mesin gas dari 1872
sampai 1881. Pada awal kerja di sana, ia telah ditandai bintang di atas
rumahnya sendiri di gambar kartu pos dari Cologne dan Deutz, dan telah
menulis kepada istrinya bahwa Bintang ini akan satu hari bersinar atas pabrik sendiri untuk melambangkan kemakmuran.
DMG
papan langsung menerima usulan tersebut dan pada bulan Juni tahun 1909,
kedua tiga-runcing dan bintang empat-menunjuk terdaftar sebagai merek
dagang. Meskipun kedua desain yang dilindungi secara hukum, hanya bintang tiga-menunjuk digunakan. Dari 1910 dan seterusnya, bintang tiga dimensi menghiasi radiator di depan mobil.
Tiga-menunjuk
bintang yang seharusnya untuk melambangkan ambisi Daimler motorisasi
yang universal - "di darat, di air dan di udara". Selama bertahun-tahun, berbagai tambahan kecil dibuat. Pada tahun 1916, tips dikelilingi oleh lingkaran, di mana empat
bintang kecil dan Mercedes kata yang terintegrasi, atau alternatif
nama-nama tanaman DMG di Untertürkheim atau Berlin-Marienfelde.Pada
bulan November 1921, DMG diterapkan untuk perlindungan hukum paten
utilitas untuk variasi baru pada merek dagang mereka dan mengajukan
dengan kantor paten tiga dimensi bintang tiga-menunjuk tertutup dalam
lingkaran - yang termasuk desain dimaksudkan untuk digunakan pada grill
radiator. Ini menjadi merek dagang terdaftar di Agustus 1923.
Bintang membimbing pengendara di mana-mana
Periode
inflasi setelah Perang Dunia Pertama berarti waktu yang sulit untuk
penjualan - terutama barang mewah seperti mobil penumpang - dan memiliki
dampak serius pada industri otomotif. Hanya
perusahaan yang kuat secara finansial dengan merek mapan yang mampu
bertahan - meskipun bahkan ini sering dipaksa merger dan usaha koperasi.
Itu cara ini bahwa mantan saingan, DMG dan Benz & Cie., Membentuk
sindikat pada tahun 1924 dalam rangka standarisasi desain dan produksi,
serta pembelian, penjualan dan iklan, dan dengan demikian tetap
kompetitif.
Selama
periode ini, kedua perusahaan umumnya dipasarkan produk mereka
bersama-sama, meskipun masih di bawah merek dagang yang terpisah. Dua tahun kemudian, pada bulan Juni 1926, dua produsen motor tertua bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG.
Pada
titik ini merek dagang baru ini dirancang, yang membawa bersama-sama
karakteristik utama dari kedua emblem yang ada - bintang tiga-menunjuk
terkenal di dunia milik Daimler-Motoren-Gesellschaft dikelilingi dengan
nama dagang 'Mercedes' serta yang dari Nama sama terkenal 'Benz' itu, yang laurel karangan bunga terjalin dua nama bersama-sama.
Merek
dagang ini, yang telah berubah sedikit selama beberapa dekade, masih
menghiasi kendaraan Mercedes-Benz dan telah datang untuk mewakili
kualitas dan keamanan di jalan-jalan di mana-mana. Dan di seluruh dunia dengan nama 'Mercedes-Benz' identik dengan tradisi, inovasi dan masa depan mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar